Jumat, 19 Oktober 2018

DOSEN ALI MUHLI, SE., MM. TUGAS MATA KULIAH EKONOMI INTERNASIONAL: KELOMPOK 2


Kebijakan Ekonomi
Bagian I

Pengertian Kebijakan Ekonomi Internasional
Kebijakan ekonomi internasional diartikan sebagai berbagai tindakan dan peraturan yang dijalankan suatu negara, baik secara langsung maupan tidak langsung, yang akan mempengaruhi struktur, komposisi, dana rah perdagangan internasinal dari/ke negra tersebut.

Instrumen Kebijaksanaan Ekonomi Internasional
Instrumen kebijakan perdagangan internasional di bidang ekspor diartikan sebagai berbagai tindakan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang akan memepengaruhi struktur, komposisi, dana rah transaksi serta kelancaran usaha untuk peningkatan devisa ekspor suatu negara.
Kebijakan perdagangan internasional di bidang ekspor dikelompokkan menjadi dua macam kebijakan sebagai berikut :
A.    Kebijakan Ekspor di dalam Negeri
1        Kebijakan perpajakan dalam bentuk pembebasan, keringanan, pengembalian pajak ataupun pengenaan pajak ekport/PET untuk barang-barang ekpor tertentu. Contoh : pajak ekpor atas CPO
2        Fasilitas kredit perbankan yang murah untuk mendorong peningkatan ekspor barang-barang tertentu.
3        Penetapan prosedur / tata laksana ekspor yang relative mudah.
B.     Kebijakan Ekspor di luar Negri
1        Pembentukan International Trade Promotion Centre (ITPC) di berbagai negeri, seperti di Jepang (Tokyo), Eropa, AS, dan lain-lain.
2        Pemanfaatan General System of Preferency (GSP), yaitu fasilitas keringanan bea masu yang diberikan negra-negara industry untuk barang manufaktur yang berasal dari negara yang sedang berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar